Rabu, 25 November 2015

Geologi dan Bumi

GEOLOGI DAN BUMI

Oleh
Dewi Darmayanti Tolodo
471415003

Dosen Pembimbing
Intan Noviantari Manyoe, S.Si., M.T


PROGRAM STUDI TEKNIK GEOLOGI
JURUSAN ILMU DANTEKNOLOGI KEBUMIAN
FAKULTAS MATEMATIKA DAN ILMU PENGETAHUAN ALAM
UNIVERSITAS NEGERI GORONTALO
GORONTALO
2015





Geologi adalah ilmu yang mempelajari bumi termasuk material-material yang terkandung, perubahan fisik dan kimia yang terjadi dipermukaan dan pada bagian dalamya, serta nilai dari sejarah planet dan bentuk kehidupanya. Sebagian dari bumi terdiri dari batuan-batuan yang tersusun dari mineral itu sendiri.
1.       Proses internal yang bergerak dari benua-benua dan menyebabkan gempa bumi dan gunung berapi.


Proses Intenal
2.      Proses permukaan yang mengikis dari gunung-gunung dan lembah-lembah.
Bidang hidrosfer terdiri dari air sungai, danau dan lautan di atmosfer dan beku di gletser. Ini juga mencakup air disekitar yang membasahi tanah dan batuan, hingga kedalaman 2-3 kilometer.
Atmosfer adalah campuran sebagian besar nitrogen dan oksigen,99% terkonsentrasi di 30 meter pertama tetapi beberapa jejak tetap bahkan 10.000 kilometer keatas permukaan bumi. Organisme dari biosfer termasuk manusia-manusia mempengaruhi dan dipengaruhi oleh proses permukaan bumi dan komposisi dari hidrosfer dan atmosfer . Ahli paleontology mempelajari evolusi dan sejarah dari awal hingga saat ini.
Proses uniformitarianism menyatakan perubahan geologi terjadi selama periode waktu yang panjang oleh urutan peristiwa  yang hampir tak terlihat. Besar waktu proses geologi terjadi terlalu lambat dan jarang berdampak pada kehidupan sehari-hari adalah penting dalam sejarah bumi selanjutnya. Sebaliknya catastrophism mendalilkan bahwa perubahan geologi terjadi terutama selama peristiwa bencana jarang terjadi hari ini. Ahli geologi mengatakan bahwa kedua teori itu benar.
4,6 milyar tahun umur bumi menjadikan sejarah bumi yang terbagi menjadi ribuan tahun,era,periode, dan zaman.yang didasarkan pada jenis kehidupan yang ada di berbagai macam waktu.

Sistem tata surya tebentuk dari debu,gas- gas yang berotasi dengan pelan di ruang angkasa . Saat debu dan gas mulai bergabung dan membuat matahari pada cakramnya. Planet – planet terbentuk dari bersatunya debu dan gas . pada planet-planet dalam kebanyakan elemen-elemen yang lebih bebas, tapi mereka adalah komponen yang penting dalam planet luar.
Bumi yang modern saat ini adalah terbentuk oleh inti tebal yang mengandung besi dan nikel, lapisan mantel keras dengan kerapatan yang lebih rendah dan lapisan kerak yang memiliki kerapatan yang lebih rendah lagi. Sebuah hipotesis menyatakan bahwa inti dan mantel telah ada pada bumi . sebuah hipotesis alternatif menyatakan bahwa b umi awalnya sama . jenis planet awalnya dipanaskan oleh energy dari kumpulan gaya gravitasi asli, oleh runtuhan radio aktif dan oleh pengerbanan dari ruang angkasa terluar. Panas ini menyebabkan seluruh atau kebanyakan bagian bumi meleleh , dan material-material tebal berkumpul dipusat dan membentuk inti. Sementara yang lebih tipis mengapung kearah permukaan dan membentuk mantel bumi.
Penulisan resiko adalah analisis resiko geologis dan resiko yang disebabkan oleh manusia dan implementasi siasat/ kebijaksanaan berdasarkan pada analisisnya. Analisis manfaat biaya membandingkan ongkos moneter dari penyelesaian masalah dengan pemanfaatan keuangan dari solusi tersebut.

KATA KUNCI

1.       Batu  adalah benda padat yang tebuat secara alami dari mineral dan atau mineraloid. Batuan umumnya diklasifikasikan berdasarkan komposisi mineral dan kimia, dengan tekstur partikel unsur dan oleh proses yang membentuk mereka. Ciri - ciri ini mengklasifikasikan batuan menjadi beku, sedimen, dan metamorf.
2.      Mineral adalah padatan senyawa kimia homogen, non-organik, yang memiliki bentuk teratur (sistem kristal) dan terbentuk secara alami. Istilah mineral tidak hanya untuk bahan komposisi kimia tetapi juga struktur mineral.
3.      Proses internal adalah proses yang terjadi d dalam bumi yang menyebabkan terbentuknya gunung, gempa bumi, dan gunung berapi.


Gambar Proses Internal Bumi

4.      Proses permukaan adalah proses yang terjadi di permukaan bumi yang menyebabkan pengikisan yang di sebabkan oleh angin, suhu, air, dan gravitasi.



Contoh Proses yang terjadi di permukaan

5.      Hidrosfer  adalah lapisan air yang berada di bawah permukaan bumi. Misalnya sungai, danau, kolam, dan lain-lain.
6.      Suasana adalah keadan atau nuansa yang berada di bumi.
7.      Biosfer  adalah lapisan lingkungan habitat makhluk hidup yang terdiri dari litosfer, hidrosfer, dan atmosfer.
8.      Uniformitarianisme adalah proses pembentukan bumi secara perlahan
9.      Catastropisme adalah pembentukan bumi secara cepat karena adanya bencana alam
10.  Skala waktu geologi  digunakan oleh para ahli geologi dan ilmuwan untuk menjelaskan waktu dan hubungan antar peristiwa yang terjadi sepanjang sejarah Bumi.


Skala Waktu Geologi

11.    Protosun adalah salah satu teori tentang pembentukan matahari


Proses Terbentuknya Tata Surya

12.   Planetisimal adalah salah satu teori yang menerangkan tentang proses pembuatan Tata Surya.


Planetisimal

13.   Fusi nuklir (reaksi termonuklir) adalah sebuah proses saat dua inti atom bergabung, membentuk inti atom yang lebih besar dan melepaskanenergi.      

14.   Planet terestrial,  Planet kebumian (planet terestrial atau planet telurik), planet bebatuan atau planet dalam adalah planet yang sebagian besar terdiri atas batu silikat.Istilah terestrial atautelurik berasal dari bahasa Latin untuk Bumi (Terra dan Tellus), dan definisi alternatif yang semestinya bahwa ini adalah planet-planet yang, dalam beberapa gaya yang dikenal, "mirip Bumi".

Planet terestrial

15.   Jovian planet adalah planet adalah termasuk planet luar yang garis peredarannya berbeda dengan planet terrestrial.


Juvian Planet

16.   Inti adalah lapisan paling dalam bumi
17.   Mantel adalah lapisan yang menyelubungi inti bumi dan merupakan bagian terbesar dari bumi
18.   Kerak adalah lapisan terluar bumi yang lebih ringan dibandingkan mantel yang yang ada di bawahnya. 


Gambar Lapisan Bumi

( Thompson&Turk-introduction to Physical Geology )

Tidak ada komentar:

Posting Komentar